Friday 25 December 2015

Di Marshmallow Kartu Memori Eksternal Bisa Menjadi Internal

Jajaran gawai Nexus dari Google sejauh ini belum ada yang mendukung fitur memori eksternal. Meskipun begitu Android Marshmallow ternyata memiliki fitur bawaan yang dapat mengubah fungsi memori eksternal menjadi internal seperti yang diberitakan PocketNow.


Biasanya sistem operasi Android hanya dapat menggunakan kartu memori eksternal untuk menyimpan konten-konten multimedia saja seperti lagu, foto, dan video. Meskipun beberapa aplikasi kini dapat dipindahkan namun keberadaan kapasitas memori internal tetap penting karena tidak semua aplikasi mendukung untuk dipindahkan ke kartu memori.

Jika dipindahkan ke kartu memori maka aplikasi tersebut tidak dapat menggunakan gawit (widget), dan sebenarnya setelah dipindahkan pun aplikasi tersebut masih menaruh beberapa file penting dalam memori internal.

Android Marshmallow 6.0 memiliki fitur bawaan bernama "Adoptable Storage" yang mampu mengubah memori eksternal menjadi perluasan dari memori internal.

Google merilis fitur seperti ini diduga untuk mengantisipasi gawai-gawai dari proyek Android One yang rata-rata memiliki memori internal kecil. Proyek Android One ditujukan untuk negara-negara berkembang yang memiliki pangsa pasar besar di kelas pemula namun tanpa mengorbankan performa terbaik. Biasanya gawai-gawai yang masuk dalam proyek ini memiliki memori internal sebesar 4GB saja namun mendukung penggunaan kartu memori.

Fitur ini akan muncul jika pengguna memasukkan kartu memori ke gawai yang sudah berjalan di Android 6.0 Marshmallow. Pengguna umumnya akan ditanyakan apakah ingin menjadikan kartu memori tersebut sebagai "Portable Storage" atau "Internal Storage".

Syaratnya menurut 9to5Google adalah pastikan kartu memori tersebut berjenis high-speed. Setelah memilih menjadikannya sebagai memori internal, maka sistem akan melakukan format kartu memori tersebut menjadikannya drive EXT4 dengan enkripsi 128bit dan meminta pengguna untuk memindahkan data-data sehingga kartu memori tersebut akan berubah namanya menjadi "Adopted Storage".

Jika melakukan cek ke bagian memori di menu pengaturan, pengguna tidak akan menemukan informasi kartu memori disana melainkan informasi kapasitas memori internal yang naik sesuai dengan kapasitas kartu memori yang digunakan.

Jika pengguna ingin mengembalikan fungsi semula kartu memori tersebut caranya mudah, cukup masuk ke menu pengaturan dan masuk ke sub menu memori, kemudian pilih "Format as portable" melalui tombol opsi di kanan atas.

Tulisan ini dari Beritagar.

No comments:

Post a Comment