Friday 25 December 2015

Bogor 'Kota Sejuta Angkot' Dapat Penghargaan Bidang Transportasi

Kota Bogor sangat lekat dengan julukan "kota sejuta angkot" karena hampir setiap sudut selalu disesaki angkutan perkotaan. Tapi, Bogor malah diganjar penghargaan Wahana Tata Nugraha kategori Angkutan tahun 2015 dari Kementerian Perhubungan.


Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, ditulis Metrotvnews, pun merasa ada yang aneh dengan penghargaan Kementerian Perhubungan. Bima mengatakan, penataan transportasi di Kota Bogor masih amburadul, bahkan pernah dijuluki kota termacet di Indonesia tahun 2014 lalu.

"Sekarang malah dapat penghargaan, gimana sih?" kata Bima usai gelar pasukan Operasi Lilin Lodaya di Mapolres Kota Bogor, Rabu (23/12/2015).

Bima mengatakan, Bogor punya banyak pekerjaan rumah di bidang transportasi yang belum selesai, di antaranya angkutan kota. Ia menyayangkan penilaian penghargaan hanya melihat konsep penataan transportasi.

"Konsep itu kan tidak akan jadi apa-apa kalau tidak dijalankan. Semuanya akan dievaluasi, baru konsep," kata Bima.

Penghargaan Wahana Tata Nugraha merupakan kegiatan lomba tertib lalu lintas dan angkutan kota untuk setiap pemerintah provinsi, kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Penghargaan ini digelar setiap tahun mulai 1992.

Pemberian penghargaan bertujuan menjadi pendorong terciptanya lalu lintas dan angkutan perkotaan yang tertib, aman, nyaman, dan efisien. Wilayah dipilah berdasarkan jumlah penduduk, meliputi kota raya, besar, sedang, dan kecil. Sedangkan kategorinya adalah lalu lintas, angkutan serta kinerja penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan.

Penilaian berdasarkan aspek penataan transportasi yang berkelanjutan, dan berbasis kepentingan publik dan ramah lingkungan mendapat pertimbangan terbesar dalam penilaiannya.

Penghargaan Wahana Tata Nugraha diberikan dalam bentuk plakat dari Menteri Perhubungan dan piala dari Presiden Indonesia. Selain itu, ada penghargaan bagi daerah yang telah menerima piala lima kali berturut-turut.

Penghargaan bidang transportasi diberikan Presiden Joko Widodo di istana negara, Rabu (23/12/2015). Kota yang mendapat penghargaan akan mendapat bantuan teknis dari Kementerian Perhubungan.

Bogor mendapat Piala Wahana Tata Nugraha ketagori Angkutan di kota besar. Penghargaan kategori sama di kota raya adalah Batam Kepulauan Riau dan kota kecil Tomohon Sulawesi Utara.

Daerah yang mendapat penghargaan lima kali berturut-turut mendapat piala Wahana Tata Nugraha Kencana adalah Palembang Sumatra Selatan dan Semarang Jawa Tengah.

Keputusan pemenang penghargaan itu tercantum pada Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 402 Tahun 2015 tentang Penetapan Kota/Kabupaten dan Provinsi sebagai Penerima Penghargaan Wahana Tata Nugraha. Penetapan pemenang pada 11 September 2015.

Berita ini dari Beritagar.

No comments:

Post a Comment